Rabu, 28 Mei 2008

Floppy disk

Floppy disk drive

Sistem floppy disk drive memiliki dua elemen terpisah yakni floppy diskete dan disk drive. Data disimpan dalam disket yang mudah dibawa. Untuk membaca/menulis data, disket harus dimasukkan ke disk drive.

Disk drive memiliki dua head tulis baca, satu untuk tiap sisi disket. Disk diputar pada drive dengan kecepatan 300 atai 600 rpm. Head bergerak secara tangensial ke lokasi track data untuk membaca/menulis data.

FLOPPY DISK

From Wikipedia

Jump to: navigation, search

Floppy disk atau disebut juga disket adalah media penyimpanan data yang bersifat magnetic dengan bentuk piringan tipis dan kecil yang membuatnya terlihat fleksibel yang dikemas dalam pelindung dari bahan plastik dengan bentuk segi empat yang mudah dibawa kemana-mana. Floppy disk hanya dapat diakses melalui media floppy disk drive atau yang dikenal sebagai FDD. Floppy disk memiliki kapasitas sebesar 1.44 MB.

History

Floppy disk atau yang dikenal juga dengan nama floppy atau disket beredar secara luas pada sekitar tahun 1980an dan 1990an. floppy disk dibuat untuk digunkan pada mesin personal komputer (PC) seperti Apple II, Macintosh, Commodore 64, Amiga dan IBM PC. Floppy disk dibuat untuk digunakan sebagai sarana untuk mentransfer data dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya, disebut juga sebagai sarana kecil untuk membuat backup. Floppy disk juga digunakan untuk menyimpan suatu sistem operasi dari suatu komputer, aplikasi softwaredan berbagai jenis data lainnya sebelum beredar media penyimpanan hardisk.

Macam-macam floppy disk


Floppy disk 8 inch

Pada tahun 1967, pihak IBM memberikan gudang penyimpanan mereka yang terletak di San Jose, California kepada para peneliti untuk mengembangkan suatu sistem yang berbiaya murah dan sederhana yang dapat memuat suatu microcode ke dalam sistem 370 mereka. Para peneliti akhirnya membuat read-only memori disk yang berukuran 8 inch (20 cm) yang memiliki kapasitas 80 kilobytes. Pada tahun 1973, pihak IBM kembali meluncurkan versi yang baru dari hasil pemgembangan memori disk mereka yang pertama. Memori disk yang baru ini menggunakan sistem 3740 data entry. Sistem yang baru ini menggunakan suatu format penyimpnan yang berbeda yaitu dapat menyimpan sampai 250.25 kilobytes pada disk yang sama dan sistem yang baru ini sudah menggunakan format read-write yang berarti dapat membaca dan menyimpan data. Tetapi penelitian ini tidak berhenti sampai di sini, sampai akhirnya pada tahun 1974, mereka berhasil meningkatkan kapasitas penyimpananya sampai 800 kilobytes. Pada tahun 1975, pihak Burroughs berhasil mengembangkan dan meningkatkan performa dari floppy disk 8 inch. memori kali ini memiliki kapasitas yang lebih tinggi dari memori-memori yang dikeluarkan sebelumnya, yaitu sebesar 1 megabytes yang dapat menyimpan data yang lebih banyak.

Floppy disk 5.25 inch

Pada tahun 1975, pihak Burroughs berusaha untuk mengembangkan suatu prototype 5.25 inch untuk memperdaya prototype 8 inch yang dinilai tidak simetris. Pada tahun 1976, dua karyawan Shugart Associates ditunjuk untuk mengembangkan prototype 8 inch yang dinilai tidak memiliki nilai simetris dari segi bentuknya dan pada akhirnya prototype 8 inch berhasil dikembangkan dan memiliki ukuran yang baru yaitu 5.25 inch yang dapat menyimpan 98.5 kilobytes yang kemudian ditingkatkan menjadi 110 kilobytes dan kemudian dipercaya untuk menjadi media komputer standar yang pertama yang tidak diumumkan resmi oleh pihak IBM. Pada tahun 1978 telah terdapat lebih dari 10 pabrik yang bersaing untuk memproduksi format disk 5.25 inch ini dikarenakan format 5.25 inch lebih cepat memindahkan data dibandingkan dengan format 8 inch.

Floppy disk 3 inch

Floppy disk 3 inch adalah media yang memiliki dua sisi penyimpanan yaitu sisi atas dan sisi bawah yang dapat diakses pada suatu waktu. Format 3 inch tidak memiliki kapasitas yang lebih dibandingkan dengan format 5.25 inch. Format 3 inch memiliki kapasitas 180 kilobytes pada masing-masing sisinya dengan total 360 kilobytes sebelum dikembangkan menjadi 720 kilobytes. Format 3 inch ini dirancang dengan memiliki tombol yang berfungsi sebagai write-protect bagi kedua sisinya.

Floppy disk 3.25 inch

Pada tahun 1983, pihak Sony memperkenalkan format disk yang berukuran 90 * 94 milimeter, serupa dengan format-format disk sebelumnya hanya lebih sederhana dalam hal konstruksinya. Pada format 3.25 inch ini terdapat sebuah tutup metal yang diharapkan dapat melindungi permukaan disk dari kotoran yang dapat merusak disk tersebut. Format 3.25 inch ini memiliki kapasitas sampai 1.44 megabytes dan masih digunkan sampai pada saat sekarang ini sebagai suatu media penyimpanan yang sederhana.


Penyimpanan Tersier

Penyimpanan tersier pada dasarnya adalah menggunakan removable media yang tentu saja berdampak pada biaya produksi yang lebih murah. Sebagai contoh: sebuah VCR dengan banyak kaset akan lebih murah daripada sebuah VCR yang hanya dapat memaminkan satu kaset saja.

Jenis Stuktur Penyimpanan Tersier

Floppy disk

Floppy disk(disket) terbuat dari cakram tipis, fleksibel yang dilapisi bahan yang bersifat magnetik dan terbungkus atau dilindungi oleh plastik.kebanyakan floppy disk hanya mampu menampung data sekitar 1-2Mb saja, tetapi sekarang floppy disk dapat menyimpan data hingga 1 Gb. meskipun kecepatan akses datanya lebih lambat dari pada harddisk dan lebih rentan terhadap kerusakan permukaan disknya, floppy disk dulu sangat disukai karena harganya yang lebih murah dari pada removable disk lainnya dan dapat ditulis berkali-kali

.

Gambar 20.11. Komponen internal dasar floopy disk 3.5 inch

Komponen internal dasar floopy disk 3.5 inch

1.Write-protec tab; 2. Hub; 3. Shutter; 4. Plastic housting; 5. Paper ring; 6. Magnetic disk; 7. Disk sector;

Magneto-optic disk

Magneto-optic disk adalah salah satu contoh dari removable disk. Teknologi penyimpanan data pada magneto-disk adalah dengan cara menyinari permukaan disk dengan sinar laser yang ditembakkan dari disk head. tempat yang terkena sinar laser ini kemudian digunakan untuk menyimpan bit data. untuk mengakses data yang telah disimpan, head mengakses data tersebut dengan bantuaan kerr effect. cara kerja kerr effect adalah ketika suatu sinar laser dipantulkan dari sebuah titik magnetik. palarisasinya akan diputar secara atau berlawanan dengan arah jarum jam, tergantung dari orientasi medan magnetiknya. rotasi inilah yang dibaca oleh head disk sebagai sebuah bit data

.

Gambar 20.12. Magneto-Otical Disk

Magneto-Otical Disk

Optical disk

Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magneti sama sekali. Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. contohnya dar optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW. teknologi optical disk ini dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Phase-change disk. disk ini dilapisi oleh bahan yang dapat mengkristal(beku) menjadi crystalline(serpihan-serpihan kristal) atau menjadi amorphous state(bagian yang tak berbentuk). Bagian crytalline ini lebih transparan, karenanya tembakan laser yang mengenainya akan lebih terang melintasi bahan dan memantul dari lapisan pemantul. Drive Phase-change disk ini menggunakan sinar laser dengan kekuatan yang berbeda. sinar laser dengan kekuatan tinggi digunakan melelehkan disknya kedalam amorphous state, sehingga dapat digunakan untuk menulis data lagi. sinar laser dengan kekuatan sedang dipakai untuk menghapus data denga cara melelehkan permukaan disknya dan membekukannya kembali ke dalam keadaan crytalline, sedangakan sinar laser dengan kekuatan lemah digunakan untuk membaca data yang telah disimpan.

  2. Dye-Polimer disk. Dye-polimer merekam data dengan membuat bump(gelombang) disk dilapisi dengan bahan yang dapat enyerap sinar laser. sinar laser ini membakar spot hingga spot ini memuai dan membentuk bump(gelombang). bump ini dapat dihilangakan atau didatarkan kembali dengan cara dipanasi lagi dengan sinar laser.









Tidak ada komentar: